DigiBooks

Buku dengan Teknologi Augmented Reality dan Virtual Reality

Elevator Pitch

Bagi Pelajar SMP, Pelajar SMA dan Mahasiswa yang membutuhkan Media belajar interaktif yang berkualitas dan mendukung gaya belajar mereka masing-masing, produk kamiAdalah buku yang dilengkapi teknologi Augmented Reality dan Virtual Reality yang dapat Memaksimalkan pengguna dalam memahami isi buku dengan menampilkan tampilan 3D, suara, video dan sebagainya, tidak seperti buku yang diterbitkan oleh Penerbit Airlangga, Genta smart dan penerbit lainnya, produk kami Memanfaatkan teknologi Augmented Reality, Virtual Reality dan Cloud database yang melengkapi konten buku, sehingga dapat mendukung berbagai gaya belajar, interaktif, dan harga lebih terjangkau.

Bidang Fokus

Material Maju

Bidang lain yang didukung: Teknologi Informasi Komunikasi

Deskripsi Produk

Teknologi pada DigiBooks:

DigiBooks memanfaatkan kemajuan teknologi Augmented Reality (AR). Teknologi AR mampu menghadirkan tampilan visual berupa 3D objek dan video pada marka yang telah ditentukan. Dengan mengimplementasikan teknologi tersebut pada buku, maka isi konten dalam buku tidak hanya berupa tulisan dan gambar, namun dapat berisi penjelasan secara detil dengan menampakan 3D Objek dan Video yang dapat memudahkan pengguna dalam memahami materi yang di pelajari.

Keunggulan DigiBooks:

Bentuk DigiBooks hampir sama dengan buku pada umumnya hanya saja ukurannya jauh lebih ringkas dibandingkan dengan buku dengan konten yang sama, karena jumlah halaman berisi penjelasan panjang dapat diringkas menjadi tampilan 3D atau Video pada DigiBooks.

DigiBooks juga memiliki aplikasi penunjang buku seperti yang dimiliki pada produk kompetitor seperti simulasi latihan soal maupun aplikasi CBT (Computer Base Test), namun DigiBooks satu-satunya buku yang memanfaatkan teknologi Augmented Reality sebagai penunjang buku pelajaran dengan isi konten ber-ISBN yang tidak dimiliki buku lainnya.

Manfaat DigiBooks:

  1. DigiBooks dapat memenuhi kebutuhan pelajar yang memiliki gaya belajar auditori dan visual. Hal tersebut sangat penting karena daya tangkap pelajar depengaruhi oleh kecocokan antar gaya belajar yang dimiliki dengan media belajar yang digunakan. Buku-buku pada umumnya hanya berisi teks dan gambar 2D. Bagi pelajar dengan gaya belajar membaca hal itu baik-baik saja namun bagi pelajar dengan gaya belajar audio dan visual, merekan akan kesulitan dalam menangkap materi pada buku. DigiBooks mendukung berbagai gaya belajar dengan aplikasi sebagai pendamping belajar.
  2. Dengan teknologi AR yang mampu menampilkan 3D visual, dapat memudahkan pelajar untuk mengetahui secara detil penampakan dari suatu benda karena visual yang ditampilkan dapat dibuat senyata mungkin (sesuai dengan objek aslinya). Berbeda dengan gambar 2D yang hanya dapat menampakkan tampilan 1 sisi saja, dengan 3D visual pelajar dapat melihat rupa sebuah objek dari segala sisi.
  3. Dengan teknologi AR yang mampu menampilkan Video, dapat meringkas beberapa halaman berisi pembahasan panjang sehingga ukuran DigiBooks jauh lebih sederhana dari buku materi pada umumnya dengan begitu DigiBooks memudahkan penggunanya saat dibawa kemana pun
  4. Dengan meringkas ukuran buku, biaya produksi buku dapat ditekan sehingga harga buku dapat lebih murah. Dengan begitu buku dapat terjangkau oleh masyarakat ekonomi menengah kebawah.

 

Masalah yang ingin diselesaikan

  1. Minimnya angka minat baca Indonesia (peringkat 60 dari 64 negara)
  2. Buku di Indonesia yang rata-rata hanya berisi teks dan gambar 2D tidak mendukung pelajar dengan gaya belajar seperti auditori maupun visual.
  3. Harga buku di Indonesia cukup mahal sehingga sulit dijangkau oleh pelajar yang tergolong masyarakat menengah kebawah
Solusi yang ditawarkan
Buku yang menarik bagi pelajar, interaktif, mendukung berbagai gaya belajar serta terjangkau. Untuk mendapatkan itu semua maka OTEBE Smart menghadirkan DigiBooks, buku yang didukung teknologi AR yang dapat memberikan itu semua kepada masyarakat.
Keunikan/keunggulan produk (USP)
Menggunakan Teknologi Augmented Reality yang dapat menghadirkan objek 3D, Audio dan Video pada isi buku yang tidak dapat diberikan oleh buku lain
Status Kesiapan Produk
Sudah siap komersil
Spesifikasi Teknis Produk
Buku:

– Ukuran : 15 x 23 cm

– Halaman isi : 370 halaman

– Berat : 320 gram

Aplikasi:

– Minimal os : Android Kitkat

– Konten : Bank soal, Scoring, AR 3D, dan AR Video

Pengujian yang telah dilakukan
Minimal OS Android sebagai standard berjalannya aplikasi

 

Sertifikat Produk
ISBN 978-602-61427-1-9

 

Bentuk Komersialisasi
Jual putus
Target pasar
Pelajar SMP, Pelajar SMA, Mahasiswa, Sekolah
Kompetitor
Kompetitor dalam negeri dengan kelebihan yang paling mendekati adalah produk Buku Genta Smart dan Grasindo

sedangkan untuk luar negeri belum ada, karena pendidikan di indonesia sendiri masih menggunakan buku terbitan dalam negeri walaupun kurikulum yang digunakan berasal dari luar negeri.

Kemitraan usaha
Distributor : PT Solusi Distributor

Toko Retail : Gramedia

Produk terjual (dari awal penjualan)
1,332
Produk terjual (1 tahun terakhir)
1,333
Proyeksi jumlah penjualan produk
(1 tahun ke depan)
17,050

TIM

 

Tarmizi Erfandi

Direktur Utama

 

TIM

 

Irvan Syahrial Achar Bantan

Chief Operational Officer

 

TIM

 

Lina Nuruliza

Chief Finance Officer