Io-Pori (Serbuk aktif untuk restorasi sumber air)

Serbuk zat aktif pemecah partikel tanah sebagai katalis pemercepat restorasi air di tanah.

Elevator Pitch

Bagi aktivis lingkungan yang membutuhkan solusi daya resapan air, produk kami adalah serbuk pemecah tanah yang dapat membentuk porositas tanah secara cepat dan aman bagi lingkungan, tidak seperti Biopori dan produk sejenisnya, produk kami organik, ionik, waktunya relatif singkat, murah, aman bagi lingkungan.

Deskripsi Produk

Isu lingkungan tentang tiga puluh tahun mendatang akan terjadi krisis air permukaan, dan akan berdampak pada ketersedian yang semakin berkurang dan bakan air untuk minum tidak ada. Hal ini dikarenakan explorasi air bawah tanah secara besar-besaran dan meningkat tanpa diimbangi oleh daya resapan air hujan yang tidak maksimal. IO-PORI adalah serbuk aktif pemecah partikel tanah yang telah tekompaksi untuk meningkatkan porositas tanah. Iopori bekerja secara prinsip fisika dengan menggunakan prosses tekologi nuklir dengan menggunakan reaksi fusi yang terbentuk akibat proses ionisasi. Iopori dilihat dari bentuk fisik terlihat seperti tepung biasa, dikarnakan bahan dasar Iopori adalah bahan dasar karbohidrat murni yang telah diproses sedemikian rupa. Zat Aktif yang berfungsi sebagai proses percepatan terjadinya perubahan kerapatan massa partikel menjadi renggang. Proses tersebut dipengaruhi oleh medan magnit bumi sehingga dapat masuk kedalam subtopsoil membantu fungsi porositas tanah lapisan bagian dalam dan mengikat air secara kapilerisasi, sehingga dapat menyimpan air hujan kedalam tanah, selanjutnya menjadi embung alami. Saat pengaplikasiannya ke tanah, Iopori secara fisika dapat memanfaatkan semaksimal mungkin radiasi sinar matahari terutama sinar gamma untuk memperbanyak jumlah oksigen dalam tanah. Iopori adalah teknologi yang tepat guna dan ramah lingkungan untuk mengatasi berbagai permasalaahan kompeks yang terjadi di Indonesia. Beberapa kenggulan dan manfaat yang dapat diselesaikan oleh Iopori adalah meningkatkan daya resapan air dalam jangkauan lima km secara vertical dan hoizontal dalam satu titik, memperkaya mikrorganisme dalam tanah, mengurangi emisi gas rumah kaca, memanfaatkan peran aktifits fauna di tanah dan akar tanaman, mengatasi masalah yang ditimbulkan oleh genangan air ,menciptakan embung air dalam tanah. Iopori dapat memperbaiki struktur tanah sehingga dapat membentuk embung secara alami. Hal ini sangat berguna bagi irigrasi lahan pertanian maupun kebutuhan air sehat bagi kehidupan.

Masalah yang ingin diselesaikan

Kondisi air tanah di Indonesia mengalami penyusutan volume debit air, sehingga terjadi jumlah sumber mata air yang ada semakin berkurang. Dalam hal ini volume air bisa ditambah dengan adanya siklus musim hujan atau pemanfaatan air hujan agar lingkungan menjadi balance. Namun yang terjadi adalah terjadi ketidakseimbangan. Jika musim kemarau terjadi kekeringan parah dan musim hujan terjadi banjir dan ketersediaan air bersih sangat sedikit nan kotor. Selain permasalahan tersebut adalah daya tampung air yag tidak terbendung juga masih sangat banyak di Indonesia. Daya tamping air biasanya ditampung dalam bentuk konstruksi bendungan Bendungan ini digunakan dalam irigasi untuk mengairi lahan pertanian. Kadangkala air yang dibendung juga voluumenya menyusut. Penyebab dari semua permasalahannya adalah kemampuan daya resapan air pada tanah.

Solusi yang ditawarkan

Solusi yang ditawrkan dari Iopori adalah memperbari tekknolgi sederhana biopori menjadi teknologi baru dengan waktu yang relative singkat, aman dan jangkaua penyimpanan air(restorasi lahan) secara luas dan melebar dalam rentang lima kilo meter dari titik aplikasi Iopori. Sehingga air hujan dapat ditampung oleh tanah dengan baik. Efek yang akan didapatkan adalah tanah akan mengurasi dampak banjir ang berlebih serta dapt memunculkan sumber mata air baru yang tercover sebagai embung air dalam tanah.

Keunikan/keunggulan produk (USP)

Keunikan atau keunggulan dari produk Iopori adalah produk Iopori merupakan produk organik. Sehingga produk ini relative aman bagi makhluk hidup termasuk manusia, hewan dan tumbuhan yang terdampak pada Iopori. Tanah akan sehat dan tidak ada efek samping. Kedua, Iopori merupakan produk yang diproses dengan enggunakan teknologi fisika nuklir dengan metode ionik. Dengan mengingat teknologi nuklir dapat berpengaruh besar tehadap lingkungan, tapi teknologi nuklir yang dipakai erupakan dalam dosis rendah dan sdah diberikan anti radiasi pada produk. Sehingga tidak membayakan bagi siapapun. Ketiga, Iopori mampu memberikan perubahan pada lingkungan dalam satu siklus musim.Waktu perubahan relative singkat bila dibandingkan dengan teknologi lainnya.

Status Kesiapan Produk

Sudah siap komersil

Spesifikasi Teknis Produk

Spesifikasi produk Iopori adalah berupa bahan baku karbohidrat dengan TKDN (Tingkat Komposisi Dalam Negeri) sebesr 100%. Serbuk tersebut dikemas pada dengan menggunakan aluminium oil anti radiasi. Dimensi produknya adalah sebesr tinggi 15 cm, lebar sebesar 10 cm dan ketebalan sebesar 4 cm. Kedalaman yang disarankan adalah 200 – 400 cm, kedalaman yang memungkinkan Iopori bekerja dengan optimal. Sedangkan diameter yang disarankan adalah 10-30 cm. Lubang resapan IO-PORI ini setelah selesai dibuat harus diisi dengan Iopori yang sudah dilarutkan oleh air sebanyak 1 kg/titik diisi air hingga meluber agar sistem kapilerisasi alam mulai bekerja. Dalam waktu 3 x 24 jam air dari hasil proses IO-PORI dapat dilihat perubahannya dan dianfaatkan secara luas.

Pengujian yang telah dilakukan

Pengujian yang sudah dilakukan adalah pengujian densitas(berat jenis bahan) secara fisika dengan menguji tanah sebelum diaplikasi dan sesudah diaplikasi skala laboratorium di Jurusan Teknik Fisika Institut Tehnologi Sepuluh Nopember Surabaya. Selain itu jga dilakukan pengujian mikrobiologi pada lahan dengan mengetahui jumlah mikroba pada sampel yang sudah diaplikasi dn belum. Pengujian mikrobiologi dilkakan di Laboratorium mikrobiologi jurusan Bilologi Universitas Airlangga Surabaya. Dan Pengujian kandungan sifat kimia dari bahan Iopori di labooratorium Sucofindo.

Pengujian yang belum dilakukan

Pengujian yang akan dilakukan adalah pengujian porositas tanah dengan perbandingan sebelum aplikasi dengan setelah aplikasi di laboratorium Sucofindo. Kedua melakukan pengujian kelembapan tanah yang sudah diaplikasikkn ke tanah ke LIPI. Ketiga melakukan pengujian kualitas air yang dihasilkan oleh tanah setelah aplikasi Iopori di Dinas Lingkungan. Dan lain-lain.

 

Dokumentasi Produk

Dokumen hasil uji pada pengujian fisika di jrsan Teknik Fisika ITS adalah dengan menguji beberapa jenis tanah seperti tanah latosol Podzolik, Tanah Andsol, tanah latosol kerek tuban, tanah pedel kerek tuban, tanah laterit merah kecoklatan, tanah alluvial tulungagung, dan tanah pedol kerek pabrik sememn tuban. Dari hasil uji tanah yang diaplikasikan dengan Iopori mengalami peningkatan densitas.

Target pasar
Target pasar Iopori adalah pemerintah, perusahaan , dan individual Pengusaha. Pemerintah daerah maupun pemerintah pusat memiliki program yang sejalan dengan Iopori, misalkan pmerintahan yang sudah menjalin kerjasama dengan kami adalah dinas kehutanan Jawa Timur. Dari segi perusahaan juga kami kerjasama dalam mengaplikasikan dana CSR perusahaan tersebut, misalkan CSR dari PT PERTAMINA dan PT Semen Indonesia. Dari segi Individual Pengusaha juga sangat berpotesial seperti PT Unggul Sawit dll. Tentu ini akan dipandang menjadi sebuah terobosan terbaru untuk lainnya
Kompetitor
Kompetitor dalam negeri adalah biopori, aqacell wavin, dan konata.

a. Biopori memerlukan biaya yang sedikit karena teknologi yang sederhana sekitar Rp100.000 hingga Rp 500.000,00.Namun kelemahannya adalah daya tampug air yang sangat sedikit.

b. Aquacell wavin merupakan produk dari PT wavin dan PT Rucika. Sistem penyimpanan air sementara,  kelemahannya  biaya konstruksinya sangat mahal diatas Rp 2.000.000, dan sangat kompleks dalam proses pemasangannya. Dampak yang terkena dari aplikasi aquacell wavin hanya sebesar lahan galian aplikasi.

c. Konata. Produk dari PT Konata Alam Lestari. Konata merupakan tandon air hujan. Biaya pembuatan Rp. 4.500.000,- (Empat Juta Lima Ratus Ribu Rupiah) + Ppn, Untuk kedalaman 4 meter. Tambahan biaya Rp. 600rb/m untuk meter ke-5 dan seterusnya.

d. Iopori sangat praktis dalam hal konstruksinya digunakan karena portable dan harganya hanya 190.000 per titik lubang, dampak luasan penyerapan air hingga lima km.

Kemitraan usaha
Kemitraan yang sudah dilakuakan adalah dengan PT Pertamina, PT Unggul Widya Teknologi, Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur, PT APBP, INAKER, LSM, PT Semen Indonesia, Dinas UMKM Provinsi Jawa Timur, Petani, PT Moeldoko, dll
Kanal Penjualan
direct offline untuk touch face to face ke customer demo, pameran, workshop, dan website.
Dampak sosial dan ekonomi dari usaha
Dampak yang didapatkan dari adanya bisnis Iopori adalah sebagai berikut:

1. Dampak Sosial

– Ketesedian air terjaga sehingga masyarakat tidak perlu bekerja untuk mengambil air di sumur yang sangat jauh lokasinya.

2. Dampak Ekonomi

– Profit masyarakat kecil naik hingga 20%

– Surplus Pangan (Ketahanan pangan terjaga)

– Indonesia tidak Import Bahan Pokok lagi(swasembada pangan)

3. Dampak Lingkungan

– Tanah menjadi subur

– Kestabilan lingkungan terjaga

– Mikroorganisme dapat berkembang baik

– Siklus alam berkesinambungan

– Terciptanya embung air

– Banjir berkurang

Risiko bisnis
Resiko yag akan dihadapi oleh CV AABI adalah apabila melakukan tender proyek dengan pemerintah, maka kami harus bersiap-siap untuk menanggung apabila ada keterlamabatan dalam pencairan dana. Selain itu kehawatirkan akan inovasi produk dapat ditiru oleh orang lain, karena prduk ini masih sangat baru dan belum pernah ada di Indoensia sebelumnya.
Pengalaman kegiatan inkubasi
[INOTEK, 2014, 2.5 Tahun, layanan yang pernah diperoleh adalah pembekalan BMC, Mangemen keuangan dll]
Skema harga produk
harga produk ada dua macam tipe yaitu

a). Direct marketing. Menjual dengan harga jual poduk sebesar 190.000 ke pelanggan yang membeli secara langsung melalui face to face. Apabila melakukan transaksi lebih dari pembelin 100 produk Iopori maka akan mendapat garansi biaya konsultan gratis.

b). Inderect Marketing. Menjual produk dengan harga kesepakatan melalui pihak ketiga. pihak ketiga akan mendapat keuntungan dengan margin 60000. jadi pihak ketiga akan menjul  produk  ke pelanggan lain dengan harga maksimal Rp. 250.000,00

TIM

Muhamad Urfa Falaq Purnomo

Founder

TIM

Margiasih Putri Liana

Founder