KICO

Perangkat Portabel Sistem Penerangan Periodisme Burung Berkicau

Elevator Pitch

Bagi Penggemar/peternak burung berkicau yang membutuhkan Peningkatan kualitas kicau burung dan produktivitas burung, produk kami Perangkat portabel yang dapatMeningkatkan kualitas kicau burung dan produktivitas burung dengan sistem penerangan photoperiodisme, tidak seperti Sistem penenerangan pada sangkar konvensional, produk kami Secara otomatis memanipulasi photoperiodisme pada burung untuk meningkatkan hormon androgen dengan sistem tenaga free energy dan ramah lingkungan.

Deskripsi Produk
Bangsa burung memiliki frekuensi bernyanyi yang tergantung pada penyinaran. ketika periode siang hari lebih panjang, testis burung jantan tumbuh. Sehingga androgen banyak disekresikan sehingga meningkatkan frekuensi lagu yang diciptakannya. ketika periode siang hari berkurang, testis burung jantan mengecil dan tingkat androgen menurun secara drastis mengakibatkan penurunan frekuensi bernyanyi.Tidak hanya frekuensi bernyanyi yang tergantung pada penyinaran tetapi juga repertoar lagu. Panjang penyinaran pada musim semi menghasilkan repertoar lagu yang lebih besar. Sebaliknya, hasil penyinaran lebih pendek yang terjadi pada musim gugur menurunkan repertoar lagu. Perubahan perilaku oleh penyinaran pada burung jantan disebabkan oleh perubahan di pusat lagu di otak. Dengan meningkatnya penyinaran, pusat vokal tinggi dan inti yang kuat dari archistriatum tersebut juga meningkat. Ketika penyinaran menurun area otak burung jantan juga mengalami kemunduran (Nelson,2005).Untuk melakukan manipulasi terhadap panjang penyinaran pada burung terutama burung, kami melakukan inovasi dengan menggunkan teknologi cahaya lampu dengan system tenaga surya agar pigmen pada mata burung memberikan reaksi bahwa kondisi musim tetap pada musim semi sepanjang waktu, ini berguna agar hormon androgen pada urung meningkat yang berdampak baik pada frekuensi berkicau maupun tinggi vocal repetoar lagu kicauannya.

Peminat burung berkicau sangat lah tinggi dimana burung berkicau saat ini sudah menjadi hobi dari semua kalangan. Penjualan burung berkicau saat ini semakin menjajikan, terbukti banyak permintaan akan burung berkicau dari segala jenis, dan munculnya perlombaan serta komunitas burung berkicau menjadi faktor tambah pasar penjualan burung. Dengan adanya peluang penjualan burung berkicau ini maka bermunculan UKM skala industri kecil yang membuka usaha di bidang kebutuhan burung untuk menjadikan burung memiliki kicauan bagus dan menjadikan burung jawara.

Pada tahun 2016 Kami telah mengobservasi peternak dan para komunitas burung berkicau didaerah Surabaya dan mojokerto. Hasil dari observasi menunjukan perlakuan proses menjadikan burung berkicau masih menggunakan perkiraan saja, tidak jarang burung yang di treatment tidak ada perubahan signifikan bahkan ada yang salah dalam perlakuan yang mengakibatkan burung stres dan tidak mau berkicau lagi.

Oleh karena itu kami membuat alat pencetak burung jawara protable berbasis go green menggunakan tenaga surya yang dilengkapi dengan lighting periodisme khusus burung, dan suara-suara burung dari berbagai jenis. alat ini dapat digunakan untuk semua burung dan jenis sangkar. Dan alat ini mudah dalam pemakaian dan tidak memerlukan perawatan. Dengan digunakannya alat ini dalam proses perlakuan burung berkicau akan lebih mudah dan terkontrol. Kontroll Arduino membuat perangkat portabel KICO dapat menjalankan sistem penerangan periodisme menjadi lebih efektif dan efisien.

Masalah yang ingin diselesaikan
beberapa jenis burung seperti kenari, memiliki perilaku berkicau yang bergantung pada panjang waktu siang hari atau sering disebut dengan perilaku photoperiodism . ketika musim semi hingga musim kemarau dimana panjang waktu siang lebih panjang, maka burung kenari jantan akan memproduksi hormon androgen lebih banyak.sedangkan pada musim dingin dimana waktu siang lebih singkat burung akan menghasilkan hormon androgen yang sedikit, hal ini akan mempengaruhi intensitas serta kualitas suara yang menurun.

untuk mengatasi penurunan kualitas tersebut maka diperlukan sebuah teknologi peternakan yang mampu memanipulasi agar hormon androgen selalu pada kondisi tinggi dan stabil sehingga penurunan kualitas suara burung berkicau dapat terus dijaga sepanjang tahun.

Solusi yang ditawarkan
Solusi yang kami tawarkan  adalah1. Sistem penerangan photoperiodisme otomatis untuk meningkatkan hormon androgen

2. Pemutar suara burung kicau untuk melatih(mastering) burung berkicau

3. Sistem tenaga berbasis free energy menggunakan solar cell yang ramah lingkungan

Keunikan/keunggulan produk (USP)
Keunikan Produk Kami adalah:1. Menggunakan sistem kontroll berbasis Arduino

2. Menggunakan Solar Cell (tenaga surya)

3. Menggunakan Timer penerangan otomatis yang bisa diatur sesuai kebutuhan dengan akurat

4. Terdapat Mp3 player untuk memutar suara kicau burung guna melatih burung pemula(muda)

Status Kesiapan Produk
Prototype sudah siap
Spesifikasi Teknis Produk
Spesifikasi KICO:1. Lampu Circle LED

• Daya : 5 Watt

•  Tegangan : 5V

• Suhu warna : 5000K

2. Spesifikasi Solar Cell

• Jenis : Polycrystalin Silicon

• Tegangan : 5 V

• Arus : 1.98 A

• Daya : 9.9 WP

3. Spesifikasi Baterai:

• Brand : Samsung

• Tipe : ICR18560 25F

• Kapasitas : 2600 mAh

Pengujian yang telah dilakukan
Uji KelayakanUji Performa
Pengujian yang belum dilakukan
pengembangan untuk jenis spesies burung lain yang lebih luas
Hak atas Kekayaan Intelektual
Sertifikat Produk
Dokumentasi Produk

TIM

Riza Yulian S.T.

Founder/CEO/Manager Produksi

TIM

Tri Yoga Arge Putra

Co-Founder/Direktur Keuangan/Manager

TIM

Suyetno

Kepala Administrasi dan Pengembangan