Riliv

Adalah aplikasi yang menghubungkan seseorang yang mempunyai masalah pribadi untuk konseling secara online dengan psikolog professional, berpengalaman dan berlisensi. Konseling bisa dilakukan melalui teks, suara, atau voice call

Elevator Pitch

Bagi Pengguna internet di Indonesia yang berumur antara 20-40. Pria dan Wanita dengan tingkat finansial menengah yang membutuhkan Layanan konseling dan memiliki masalah psikologis seperti depresi dan kecemasan, stress, kecanduan, atau masalah pribadi seperti asmara, karir, keluarga dan lainnya,, produk kami adalah platform konseling yang menghubungkan seseorang yang mempunyai masalah pribadi/psikologis untuk konseling secara online dengan psikolog yang professional, berpengalaman dan berlisensi. yang dapat Mengurangi dan meredakan masalah psikologis sehingga klien solusi dari masalah dan bisa menjalani hidup dengan lebih tenang, sehat dan bahagia , tidak seperti Konseling dengan psikolog tradisional pada umumnya, produk kami Memudahkan konseling dari tatap muka menjadi online kapan saja dan dimana saja, membuat klien menjadi anonim, dan mengefisensikan biaya sehingga lebih terjangkau melalui teks, suara, dan video call.

Deskripsi Produk

Visi kami adalah ingin membuat semua orang di dunia bisa tersenyum dan terbebas dari masalah pribadi, dan misi kami adalah menghubungkan orang yang memiliki pribadi atau psikologis dengan psikolog. Selama ini ada 2 solusi ketika orang punya masalah yaitu bercerita dengan teman dimana mungkin teman tidak mengerti, tidak memahami dan bahkan aib bisa tersebar. Solusi satunya adalah konseling dengan psikolog walaupun sangat efektif, mencari psikolog pun cenderung susah, biaya yang dibutuhkan cukup mahal, terkadang pasien merasa terintimidasi dan tidak praktis karena harus datang ke kantor psikolog dan janjian.

Riliv fokus ingin menyelesaikan masalah gangguan kesehatan mental seperti depresi, kecemasan, kecanduan, stress, karena di Indonesia saja terdapat 17 juta orang yang memiliki masalah tersebut, Setiap 40 detik terdapat 1 orang meninggal bunuh diri karena mengalami depresi, 1 dari 4 orang di dunia akan mengalami gangguan kesehatan mental pada suatu titik dihidupnya. Saat ini ada sekitar 450 juta didunia yang sedang mengalami kondisi tersebut.

Riliv berbentuk aplikasi android dan line messenger karena mudah di develop dan mudah diadaptasi oleh banyak orang. Teknis konseling yang dilakukan oleh Riliv adalah klien datang ke web kami, kemudian mereka memilih cara konseling yang cocok untuk mereka ( teks, telepon atau video call ) lalu memilih paket yang mereka inginkan ( 2 hari senilai 79 ribu atau 30 hari senilai 299 ribu ). Setelah itu mereka masuk ke aplikasi untuk mengisi biodata serta mengisi kuesioner tentang kondisi mereka. Setelah semua terisi psikolog akan menangani mereka sesuai durasi yang klien pilih, dan klien bisa memulai konseling.

Dengan platform online, Riliv mudah membantu banyak klien, tidak hanya dari sabang sampai merauke tapi juga seluruh penjuru dunia. Selama 1,5 tahun, Aplikasi android Riliv telah diunduh lebih dari 50.000 kali, serta menampung lebih dari 100.000 permasalahan pribadi. Riliv telah memenangi beberapa penghargaan baik dari nasional seperti nominasi dari Tempo, Best android apps by Google Indonesia. Penghargaan Internsional seperti dari Singapore international foundation, Australia awards, Google business group story, YSE-ALI dari Amerika serikat.

Masalah yang ingin diselesaikan

Riliv fokus ingin menyelesaikan masalah gangguan kesehatan mental seperti depresi, kecemasan, kecanduan, stress, karena di Indonesia saja terdapat 17 juta orang yang memiliki masalah tersebut, Setiap 40 detik terdapat 1 orang meninggal bunuh diri karena mengalami depresi, 1 dari 4 orang di dunia akan mengalami gangguan kesehatan mental pada suatu titik dihidupnya. Saat ini ada sekitar 450 juta yang sedang mengalami kondisi tersebut. Belum lagi biaya yang disebabkan oleh gangguan mental lebih besar daripada gabungan antara diabetes, gangguan pernafasan dan kanker. Stigma atas gangguan mental pun sangat kuat sehingga menyebabkan 2/3 orang yang mengalami hal tersebut tidak pernah mendapatkan bantuan dari professional. Kerugian yang disebabkan oleh gangguan kesehatan mental adalah 3,25 quadriliun rupiah.

Solusi yang ditawarkan

    Bergerak dibidang kesehatan, dan secara khusus menyelesaikan masalah kesehatan mental, Riliv memudahkan setiap orang yang memiliki masalah psikologis untuk konsultasi secara online dengan orang yang tepat yaitu psikolog atau konselor. Secara simple bisa dianalogikan seperti “whatsapp ke psikolog”karena klien bisa konseling melalui mengetik teks, telepon serta video call. Konseling online telah diuji, dan telah banyak riset yang membuktikan bahwa terapi secara online bisa melengkapi dan menggantikan terapi secara tatap muka. Dengan Riliv, kami berharap bisa membuat akses ke kesehatan mental bisa lebih mudah dan terjangkau oleh semua orang di dunia

Keunikan/keunggulan produk (USP)

    Beberapa keunggulan Riliv dibandingkan dengan konseling tradisional yang harus bertemu tatap muka adalah Riliv menyediakan konsultasi secara sangat mudah. Setiap orang yang memiliki masalah pribadi yang bisa konsultasi kapan saja dan dimana saja tanpa harus terbatas waktu dan jarak. Fitur anonim membuat orang tidak perlu malu untuk bercerita dan dengan teknologi ini membuat konsultasi dengan psikolog yang biasanya sekitar 350-500 ribu perjam menjadi 89 ribu per 2 hari sehingga jauh lebih terjangkau

Spesifikasi Teknis Produk

Android 4.2 Jelly Bean. untuk konseling peer to peer (bersama sesama user), size 10 MB

Android Line Messenger untuk konseling klien berbayar, size +- 30 MB

Android LINE@, tipe android 4.0.3 keatas. Untuk psikolog menjawab konseling klien berbayar +- ,

Pengujian yang telah dilakukan

Validasi ide bisnis : monetisasi, marketing strategi

Validasi kebutuhan konsumen : perilaku user, demografi user, tingkat finansial, fitur yang akan dikembangkan

Validasi dan masukan dari konselor : metode konseling yang sesuai, waktu luang dari masing-masing konselor

Pengujian yang belum dilakukan

Pengujian secara klinis untuk konseling online bagi orang Indonesia (di Amerika dan Eropa sudah terbukti secara klinis berhasil menurunkan tingkat masalah psikologis klien)

Dokumentasi Produk

Website

Google Playstore

Manual Konselor

Target Pasar

Demografi : Pengguna internet di Indonesia yang berumur antara 20 hingga 40 tahun, pria maupun wanita, berpendidikan minimal SMA, dengan tingkat ekonomi menengah (pendapatan perbulan 2,5 juta keatas).

Psikografi : Memiliki tingkat stres yang cukup tinggi atau sedang memiliki masalah psikologis seperti (depresi, stress, kecemasan, serangan panic, fobia, kecanduan : minuman, obat, pornografi, kerja, dll) atau masalah pribadi lainnya seperti (masalah asmara, keluarga, karir, financial,dll).

Kompetitor
Dalam negeri : untuk layanan konseling online yang serupa belum ada di Indonesia, jadi tidak bisa dibandingkan apple to apple (serupa). Untuk startup kesehatan mental tapi melalui cara lain, antara lain pijar psikologi (blog), ibunda.id (blog dan event), sehatmental.id (event organizer).

Luar negeri : talkspace (nilai valuasi +- 2 trilyun rupiah), Betterhelp (diakusisi sebesar 70 milyar), kedua startup ini buatan amerika. Kelebihan Riliv dibanding mereka, kita menggunakan platform yang mudah dijangkau user yaitu Line messenger, jadi user tidak harus menginstal lagi. Riliv juga menyediakan platform gratis bagi mereka yang tidak memiliki biaya sehingga user tetap bisa bercerita walaupun tidak bisa membayar, jadi misi Riliv agar semua orang bisa terbebas dari masalah pribadi tetap tercapai.

Kemitraan usaha
Kemitraan usaha yang dimiliki sekarang yaitu Himpunan Psikologi Jatim, sebagai penyedia psikolog, Start Surabaya sebagai partner yang membantu mentoring Riliv, Bank Bukopin sebagai partner penyedia virtual pay, Suara Surabaya dan M Radio sebagai partner promosi, Koridor coworking space sebagai penyedia kantor dan tempat event bagi Riliv
Jangkauan Pemasaran
Ekspor
Kanal Penjualan
Online : website, facebook, instagram, Line@, blog, Offline : bazaar dengan menjual voucher
Sumber modal
Sementara ini berdasarkan modal sendiri, pendapatan yang dihasilkan, dan dana hadiah ketika menang perlombaan
Sumber dan jumlah investasi yang pernah diperoleh
Riliv belum menerima pendanaan dari institusi atau investor, karena kami masih fokus di bootstrap.
Dampak sosial dan ekonomi dari usaha
Dampak sosial yang telah kami ciptakan melalui platform free kami adalah, sudah 50.000 orang yang terbantu di Riliv ketika mereka curhat dengan sesama user. Mereka mampu bercerita dan mendapatkan solusi untuk masalah mereka, dan pendengar merasa senang ketika mereka bisa membantu orang yang mengalami masalah pribadi. Sedangkan orang yang menggunakan platform berbayar kami, telah menghemat biaya dengan melakukan konseling secara online daripada secara offline. 80% orang yang konseling di Riliv belum pernah konseling di psikolog konvensional, sehingga Riliv membantu mempromosikan bahwa kesehatan mental itu bukan hal yang tabu atau memalukan. Para psikolog di Riliv juga mendapatkan pemasukan tambahan dengan cara melayani konseling online.
Risiko bisnis
Resiko yang mungkin ditimbulkan adalah ketika ada psikolog yang masih menganggap konseling online kurang efektif sehingga mereka hanya menjalankan terapi konvensional. Tapi setiap masalah ada solusinya, kami berhasil meyakinkan bahwa konseling online sudah berhasil diluar negeri. Dengan teknologi internet maka psikolog bisa membantu jauh lebih banyak orang tanpa terbatas jarak dan waktu, serta bisa mendapatkan menghasilkan tambahan.
Pengalaman kegiatan inkubasi
Start Surabaya, 2015-2016, 6 bulan, Riliv memperoleh bimbingan berupa pelajaran mengenai startup seperti bisnis model, desain, dan cara mengembangkan software. Riliv juga mendapatkan banyak relasi dari sesama startup, mentor investor, maupun stakeholder lain yang membantu Riliv dalam pengembangan

TIM

Audrey Maximillian Herli

CEO

TIM

Audy Christopher Herli

CMO (Marketing)